Bila
pada malam hari yang cerah Anda mendongak keatas dan melihat langit
maka banyak bintang yang bertaburan di langit. Nah sadarkah Anda bahwa memiliki sebuah website adalah seperti bintang di langit – hanya satu diantara sekian miliar.
Apakah Anda telah belajar cara membuat website dan memiliki sebuah website ? Mungkin iya, tapi apakah Anda memiliki strategi website ? Mungkin seperti jawaban kebanyakan orang, memiliki website belum tentu memiliki strategi website yang baik.
Apa bedanya ?Sebuah website hanyalah satu bintang di langit, setiap orang memiliki satu dan Anda hanyalah salah satu diantaranya. Tapi strategi website benar-benar membuat situs Anda menonjol seperti Bintang Utara yang bersinar terang – memberikan Anda lebih banyak pendapatan, bisnis dan sukses secara online .
Berikut adalah beberapa prinsip dasar :
1. Sadari tidak ada yang peduli tentang siapa Anda. Hal ini sulit untuk diterima, tetapi pengunjung hanya ingin tahu ” apa untungnya bagi saya ? ”
Kemungkinannya
adalah jika mereka mengunjungi website, mereka akan melihat foto,
konten, dan bila tidak ada hubungannya dengan yang mereka mau maka mereka segera akan pergi menuju website lain yang lebih relevan, berguna dan tentunya lebih menarik.
Jadi,
gunakan halaman depan website Anda untuk membuat informasi sejelas
mungkin, ringkas dan padat. Gunakan pernyataan besar untuk menawarkan
manfaat langsung kepada pengunjung website.
Contoh : “ Cara Membuat Website : Mahir Hanya Dalam 1 Jam ”.
2. Beri kemudahan pengunjung untuk berbagi informasi. Setelah konsumen mengklik untuk menerima tawaran Anda, maka sekitar 70 persen akan memberitahu Anda siapa mereka.
Disinilah strategi untuk meminta informasi tentang pengunjung website. Adalah suatu keharusan namun jangan meminta terlalu banyak. Cukup nama dan alamat e-mail sudah cukup untuk memenuhi data yang Anda butuhkan. Semakin sedikit Anda meminta, semakin besar kemungkinan mereka akan berbagi.
Statistik
menunjukkan bahwa hanya empat persen dari prospek pengunjung yang siap
untuk membeli sekarang, sementara 44 persen lainnya baru berada dalam
tahap awal.
Pengunjung yang 44 persen ini adalah prospek yang biasanya kurang dari enam bulan lagi baru siap untuk membeli. Mereka menggunakan internet untuk melihat apa yang ada di luar sana dan mempersempit pencarian mereka. Strategi
website yang sukses membidik segmen ini dengan menggunakan kampanye
email tindak lanjut / follow up yang memberikan informasi yang relevan
agar nama website Anda tetap ada di benak pengunjung sampai mereka siap
membeli. Mulailah dengan e-mail korespondensi dan follow up secara halus melalui percakapan online / telepon. Setelah klien merespon dengan pertanyaan spesifik produk yang Anda jual maka Anda telah berada di ambang kemenangan.
Strategi
yang telah terbukti dengan baik adalah berpromosi secara viral (mouth
to mouth) masih salah satu cara yang paling efektif untuk mengarahkan
pengunjung ke website Anda. Semua
iklan offline / online, kartu nama, brosur dll. harus dengan jelas
menawarkan manfaat kepada konsumen ketika mereka mengunjungi website
Anda.
Berikan
bonus gratis dan informasi yang bermanfaat bagi para pengunjung website
Anda sehingga mereka rela untuk berbagi informasi tersebut kepada
teman-teman mereka sehingga Anda tidak perlu bersusah payah untuk
mencari prospek pengunjung baru.
Bukankah sudah saatnya Anda untuk bersinar terang ? Apakah Anda memiliki strategi website yang baik ?
Leave a Reply