Survey Niche Market

Pengertian Niche Market
Sebuah niche market yang baik adalah yang selalu fokus pada segmen pasar tertentu. Setiap pasar dapat dibagi menjadi segmen pasar yang lebih kecil dengan minat dan demografis tertentu. Sebagai contoh, pasar olahraga sangat besar dan Sobat dapat menemukan segmen pasar yang lebih kecil seperti sepakbola, baksket, badminton dan masih banyak lagi. 

Inipun masih dapat dibagi menjadi segmen pasar yang lebih kecil lagi seperti sepatu basket, baju basket dll. dan disinilah Sobat dapat menemukan potensi yang dapat diolah menjadi keuntungan.

Survey Niche Market
Meneliti niche market yang menguntungkan memerlukan analisa yang jeli. Mudah untuk mengasumsikan bahwa segmen pasar yang ditandai dengan tingginya permintaan adalah menguntungkan, namun itu tidak selalu terjadi.
Sebagai contoh misalnya segmen pasar kue. 

Sobat mungkin seorang yang ahli dalam membuat kue, tapi membuat sebuah blog tentang membuat kue mungkin bukan pilihan yang tepat terutama jika sebagian besar pengunjung website hanya tertarik mencari informasi resep kue yang mudah dan tidak tertarik untuk membeli apa-apa.

Jadi sangatlah penting sebelum Sobat memulai membuat website untuk melakukan survey terlebih dahulu sehingga mengetahui niche market yang menguntungkan.
Langkah Pertama : Mengenali Pengunjung Website

Jika Sobat adalah seorang pengusaha pemula tentu ingin langsung memulai bisnis di pasar yang Sobat sukai daripada fokus pada niche market dari produk yang Sobat jual.

Pasar yang disukai belum tentu merupakan pasar yang menguntungkan. Produk akan selalu berganti, namun niche market akan bertahan selamanya. Jadi Sobat harus fokus pada niche market tertentu dan meluangkan waktu untuk mengenali dan memahami kebutuhan mereka secara mendalam, maka berbagai ide brilian akan segera muncul untuk memenuhi kebutuhan dari niche market yang telah Sobat bidik.

Langkah Kedua : Meneliti Keyword Dari Niche Market
Pada langkah ini, Sobat perlu mengidentifikasi keyword yang digunakan oleh para pengunjung website terutama yang berhubungan dengan informasi yang ingin mereka peroleh. 

Mari kita mulai dengan Google Adwords Keyword Planner yang dapat digunakan secara gratis, disini tersedia banyak data berguna yang berhubungan dengan keyword dan yang perlu Sobat perhatikan adalah volume pencarian bulanan (Global Monthly Searches).

Semakin tinggi volume pencarian, maka semakin besar pasar tersebut. Seperti yang terlihat pada gambar dibawah terdapat 49.500 volume pencarian bulanan untuk keyword "Law of Attraction".

lawofattraction 1024x579 How to Research a Profitable Niche Market: Law of Attraction Case Study  

Langkah Ketiga : Menganalisis Kompetisi
Tingkat persaingan secara sederhana dapat dilihat pada google.com yang merupakan indikasi yang baik apakah niche tersebut menguntungkan atau tidak. 

Niche market dari keyword dengan tingkat persaingan yang ketat biasanya ditandai dengan :
  •     Rata-rata Cost Per Click (CPC) yang tinggi
  •     Google Ads di sebelah kanan halaman
  •     Pengiklan di baris atas halaman
  •   Jumlah hasil pencarian yang besar (biasanya diatas 5 juta hasil pencarian)
law of attraction courses 1 How to Research a Profitable Niche Market: Law of Attraction Case Study
Pada gambar dibawah untuk keyword "law of attraction" maka hanya ada 36 volume pencarian bulanan, dan bila Sobat bandingkan dengan hasil dari pencarian di google.com sebanyak lebih dari 12 juta pencarian maka secara sederhana dapat disimpulkan sulit untuk bersaing dalam keyword tersebut.
law of attraction course 1 1024x568 How to Research a Profitable Niche Market: Law of Attraction Case Study

Langkah Keempat : Google Trend
Sobat dapat menggunakan analisa trend global untuk keyword yang dibidik menggunakan Google Trends. Contoh gambar dibawah menunjukkan trend yang menurun untuk keyword "law of attraction". Sobat dapat melakukan berbagai eksperimen dengan keyword yang Sobat bidik sehingga dapat menemukan niche market yang menguntungkan.
belajar seo

Leave a Reply

Cara Membuat Website : Mahir Hanya Dalam 1 Jam. Powered by Blogger.

Cara Membuat Website