Pengertian Niche Market
Sebuah
niche market yang baik adalah yang selalu fokus pada segmen pasar
tertentu. Setiap pasar dapat dibagi menjadi segmen pasar yang lebih
kecil dengan minat dan demografis tertentu. Sebagai contoh, pasar
olahraga sangat besar dan Sobat dapat menemukan segmen pasar yang lebih
kecil seperti sepakbola, baksket, badminton dan masih banyak lagi.
Inipun masih dapat dibagi menjadi segmen pasar yang lebih kecil lagi
seperti sepatu basket, baju basket dll. dan disinilah Sobat dapat
menemukan potensi yang dapat diolah menjadi keuntungan.
Survey Niche Market
Meneliti
niche market yang menguntungkan memerlukan analisa yang jeli. Mudah
untuk mengasumsikan bahwa segmen pasar yang ditandai dengan tingginya
permintaan adalah menguntungkan, namun itu tidak selalu terjadi.
Sebagai
contoh misalnya segmen pasar kue.
Sobat mungkin seorang yang ahli dalam
membuat kue, tapi membuat sebuah blog tentang membuat kue mungkin bukan
pilihan yang tepat terutama jika sebagian besar pengunjung website
hanya tertarik mencari informasi resep kue yang mudah dan tidak tertarik
untuk membeli apa-apa.
Jadi sangatlah penting sebelum Sobat memulai membuat website untuk melakukan survey terlebih dahulu sehingga mengetahui niche market yang menguntungkan.
Langkah Pertama : Mengenali Pengunjung Website
Jika
Sobat adalah seorang pengusaha pemula tentu ingin langsung memulai
bisnis di pasar yang Sobat sukai daripada fokus pada niche market dari
produk yang Sobat jual.
Pasar
yang disukai belum tentu merupakan pasar yang menguntungkan. Produk
akan selalu berganti, namun niche market akan bertahan selamanya. Jadi
Sobat harus fokus pada niche market tertentu dan meluangkan waktu untuk
mengenali dan memahami kebutuhan mereka secara mendalam, maka berbagai
ide brilian akan segera muncul untuk memenuhi kebutuhan dari niche
market yang telah Sobat bidik.
Langkah Kedua : Meneliti Keyword Dari Niche Market
Pada
langkah ini, Sobat perlu mengidentifikasi keyword yang digunakan oleh
para pengunjung website terutama yang berhubungan dengan informasi yang
ingin mereka peroleh.
Mari kita mulai dengan Google Adwords Keyword Planner
yang dapat digunakan secara gratis, disini tersedia banyak data berguna
yang berhubungan dengan keyword dan yang perlu Sobat perhatikan adalah
volume pencarian bulanan (Global Monthly Searches).
Semakin
tinggi volume pencarian, maka semakin besar pasar tersebut. Seperti
yang terlihat pada gambar dibawah terdapat 49.500 volume pencarian
bulanan untuk keyword "Law of Attraction".
Langkah Ketiga : Menganalisis Kompetisi
Tingkat
persaingan secara sederhana dapat dilihat pada google.com yang
merupakan indikasi yang baik apakah niche tersebut menguntungkan atau
tidak.
Niche market dari keyword dengan tingkat persaingan yang ketat
biasanya ditandai dengan :
- Rata-rata Cost Per Click (CPC) yang tinggi
- Google Ads di sebelah kanan halaman
- Pengiklan di baris atas halaman
- Jumlah hasil pencarian yang besar (biasanya diatas 5 juta hasil pencarian)
Pada
gambar dibawah untuk keyword "law of attraction" maka hanya ada 36
volume pencarian bulanan, dan bila Sobat bandingkan dengan hasil dari
pencarian di google.com sebanyak lebih dari 12 juta pencarian maka
secara sederhana dapat disimpulkan sulit untuk bersaing dalam keyword
tersebut.
Langkah Keempat : Google Trend
Sobat dapat menggunakan analisa trend global untuk keyword yang dibidik menggunakan Google Trends.
Contoh gambar dibawah menunjukkan trend yang menurun untuk keyword "law
of attraction". Sobat dapat melakukan berbagai eksperimen dengan
keyword yang Sobat bidik sehingga dapat menemukan niche market yang
menguntungkan.
Leave a Reply