Analisa keyword merupakan salah satu aspek penting dari proses Search Engine Optimization (SEO),
bahkan dapat dikatakan merupakan hal yang sangat mendasar dan sangat
berpengaruh terhadap keberhasilan website Sobat dalam menembus halaman
pertama Google.
Sebelumnya kita telah belajar survey keyword menggunakan Google Adwords Keyword Planner, maka disini kita akan melakukan analisa keyword secara lebih terperinci :
- keyphrase < 5 juta
- “keyphrase" < 1 juta
- intitle:”keyphrase” < 50 ribu
- inurl:”keyphrase” < 25 ribu
- intitle:”keyphrase” inurl:”keyphrase” < 10 ribu
Sebagai
contoh mari kita praktek dengan masuk pada google.co.id dan mengetik
untuk keyword "cara buat website" maka akan memberikan hasil sebagai
berikut :
- cara buat website = 2,5 juta pencarian

- “cara buat website" = 895 ribu pencarian

- intitle:”cara buat website" = 27 ribu pencarian

- inurl:”cara buat website" = 14 ribu pencarian

- intitle:"cara buat website" inurl:"cara buat website" = 35 ribu pencarian
Maka dapat disimpulkan bahwa untuk keyword "cara buat website" telah memenuhi 4 dari 5 kriteria diatas sehingga mempunyai peluang yang besar untuk menembus halaman pertama Google.
Setelah
Sobat menemukan keyword yang tepat sesuai kriteria diatas, maka kita
akan lanjut bereksperimen dengan penggunaan software : SERP Attacks untuk mengetahui tingkat persaingan keyword dan website kompetitor.
Klik SERP Analyzer, lalu masukkan keyword pilihan Sobat.
Dari
contoh terlihat bahwa PR rata-rata 1,6 dan ada 6 website dengan status
bukan Backlink On Domain. Pilihlah keyword dengan tingkat persaingan
yang rendah sebagai berikut :
- PR rata-rata < 2
- Terdapat minimal 3 website yang mempunyai backlink < 50 dengan status bukan Backlink On Domain.
Nah kriteria keyword inilah yang cocok untuk dijadikan nama domain website, selamat bereksperimen dan belajar SEO dengan keyword pilihan Sobat.
Leave a Reply