Tips Jitu Memilih Hosting Untuk Website

Setelah sebelumnya kita belajar Jurus Jitu Memilih Nama Domain, maka sekarang mari berkenalan dengan Hosting. Apa pengertian dari hosting ?

belajar seoHosting adalah tempat Sobat meletakkan file-file website Sobat di sebuah server yang terhubung dengan jaringan internet. Jadi, saat seseorang mengetikkan nama website Sobat di browser misalnya "cara buat website", maka file-file website yang tersimpan di sebuah server hosting akan tampil sehingga website Sobat dapat di akses.

Contoh sederhananya adalah jika Sobat ingin membuka sebuah warung bakso maka Sobat memerlukan nama untuk warung bakso Sobat, misal warung bakso mas botak. Nah “ warung bakso ” inilah sebuah nama domain dan “ mas botak “ adalah sebuah ekstension.


Agar warung bakso tersebut dapat di datangi para pembeli maka Sobat perlu menyiapkan tempat baik itu dengan menyewa atau milik sendiri untuk meletakkan peralatan bakso Sobat, misalnya mangkok, kompor, saos, kecap dan sebagainya.
Untuk Hosting, Sobat perlu menyewa paket hosting sebagai tempat menyimpan file website Sobat. Harga dari sebuah paket hosting bermacam-macam, tergantung fasilitas yang diberikan. Sobat dapat membeli paket hosting di luar negeri maupun di Indonesia.
Dalam memilih paket hosting, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan :
  • Sistem Server yang digunakan apakah Linux atau Windows. Hal ini akan menentukan software dan bahasa pemograman website. Kebanyakan orang menggunakan Linux yang lebih mudah digunakan.
  • Besaran Disk Space yang diberikan. Disk Space adalah kapasitas pada server hosting yang diberikan untuk menyimpan file-file website Sobat. Hal ini seperti besaran space untuk menyimpan file di komputer Sobat. Tentunya pilihan terbaik adalah paket hosting yang memberikan Disk Space yang sesuai dengan kebutuhan Sobat.
  • Besaran Bandwidth yang diberikan. Bandwidth adalah kapasitas akses perbulan yang diberikan untuk mengakses website Sobat. Setiap orang yang membuka website atau download file Sobat dengan menggunakan browser Firefox atau Internet Explorer akan memakan bandwidth. Kapasitas pemakaian bandwidth ini akan direset setiap awal bulan.
  • Domains Allowed. Jumlah domain yang dapat digunakan dalam sebuah paket hosting. Sobat dapat menggunakan 1 buah paket hosting untuk semua domain Sobat bila paket hosting tersebut memberikan akses untuk itu, dan Sobat juga perlu mempertimbangkan besarnya disk space maupun bandwidth yang diberikan, apakah cukup untuk menjalankan domain-domain Sobat.
  • Jumlah Database yang diijinkan. Contoh untuk Linux, berapa banyak jumlah database MySQL yang diijinkan.
Jadi ada dua komponen penting agar sebuah website dapat di akses oleh pengunjung yaitu Domain sebagai nama dari sebuah website dan Hosting sebagai tempat menyimpan file file website.

Leave a Reply

Cara Membuat Website : Mahir Hanya Dalam 1 Jam. Powered by Blogger.

Cara Membuat Website