Jurus Jitu Memilih Nama Domain

Sebelum Sobat membuat Membuat Website maka diperlukan sebuah Domain yang merupakan nama atau alamat dari sebuah website yang di gunakan untuk membedakan website Sobat dengan website orang lain.
Di internet, setiap orang harus mengetikkan sebuah nama domain untuk dapat membuka dan membaca isi dari sebuah website.

Domain terdiri dari nama domain dan ekstension, contohnya NamaWeb.com, NamaWeb adalah nama domain dan .com adalah ekstensionnya. Ekstension bermacam-macam, dapat berupa TLD (Top Level Domain) seperti .com, .net, .org atau ada juga yang berupa cTLD (country Top Level Domain) seperti .co.id, .co.cc dimana id mewakili domain negara Indonesia.

Untuk mendapatkan nama domain, maka Sobat perlu melakukan pendaftaran nama domain yang dilakukan pertahun, jadi setahun sekali Sobat harus membayar biaya registrasi domain tersebut bila Sobat ingin tetap memiliki dan menggunakannya.

Dan bila Sobat tidak melakukan perpanjangan registrasi untuk tahun berikutnya, maka setelah domain Sobat expired atau habis masa berlakunya, maka domain tersebut akan terbuka kembali untuk umum sehingga orang lain dapat mendaftarkan dan menggunakannya.

Dalam memilih nama domain usahakanlah memilih dengan ekstension .com karena lebih umum dan lebih banyak dikenal orang. Berikut ada beberapa tips dalam memilih nama domain :
  • Pilih nama domain yang simpel dan mudah diingat.
  • Usahakan untuk memilih nama domain dengan ekstension .com karena lebih umum dan lebih banyak dikenal orang.
  • Pilih nama domain yang sesuai dan mewakili isi serta tujuan dari website Sobat, hal ini berguna untuk mempermudah orang mengingat nama domain atau alamat website Sobat nantinya.
  • Bila Sobat menggunakan nama domain yang panjang, usahakan menggunakan nama domain yang berisi kata-kata yang umum, sehingga menghindari kesalahan dalam menuliskan nama domain. Sobat dapat menggunakan tanda (-) atau (_) sebagai penghubung kata.
  • Sobat dapat mengikutsertakan keyword dalam nama domain misalnya "belajar SEO" untuk membantu proses SEO (Search Engine Optimization), agar website tampil di search engine dengan posisi atas sehingga mudah ditemukan.

Leave a Reply

Cara Membuat Website : Mahir Hanya Dalam 1 Jam. Powered by Blogger.

Cara Membuat Website